Shantung Bidik Pertambangan Kalbar

Sabtu, 22 November 2008

Shantung Bidik Pertambangan Kalbar

Christiandy Sanjaya menerima cendera mata dari Ny Chen Cing Lan, Pimpinan Rombongan Investor dari Sh

Pemprov hadirkan calon investor. Shantung kirim utusan menjajaki peluang usaha. Harapkan data dan jaminan keamanan. Potensi batubara Kalbar tersedia 186,6 juta ton.

Pontianak. Krisis keuangan global tak menyurutkan investor asal Tiongkok untuk menanamkan modalnya. Buktinya, rombongan investor dari Provinsi Shantung Tiongkok menjajaki kerja sama pertambangan dengan Kalbar.
“Kebutuhan aneka tambang di Tiongkok khususnya di Shantung sangat besar. Kami ingin menjalin kerja sama di bidang pertambangan antara Kalbar dengan Shantung,” kata Ny Chen Cing Lan, Pimpinan Rombongan Investor dari Shantung melalui penerjemahnya ketika menemui Wakil Gubernur Kalbar, Drs Christiandy Sanjaya SE MM di Kantor Gubernur, Jumat (21/11) kemarin.
Untuk merealisasikan kerja sama tersebut, Chen mengharapkan jaminan keamanan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar. “Paling penting dalam kerja sama tersebut, faktor keamanan dapat dijamin,” katanya.
Rombongan investor dari Shantung berjumlah 12 orang tersebut mengharapkan hasil pertemuannya dengan Pemprov Kalbar dapat ditindaklanjuti. Sehingga mereka dapat melakukan survei lokasi bahan-bahan tambang di Kalbar.
Disinggung krisis global saat ini, rombongan investor dari Tiongkok tersebut menilai kalau krisis finansial ini hanya sementara dan diharapkan cepat pulih kembali. Sehingga semua daerah dapat bangkit kembali membangun daerahnya masing-masing.
“Kami sangat mengharapkan agar pertemuan kali ini (kemarin, red) tidak hanya sampai di sini saja. Harus ada tindak lanjut seperti survei tempat-tempat di mana lokasi tambang tersebut berada, serta bantuan dari instansi terkait sangat diharapkan untuk pengurusan izin dan data-data yang diperlukan. Dari hasil pertemuan ini, hasilnya akan segera dilaporkan kepada Gubernur Shantung,” papar Chen.
Wakil Gubernur Kalbar Christiandy Sanjaya menanggapi penjajakan investor Shantung itu menjelaskan Pemprov Kalbar memang berusaha mengundang investor ke Kalbar. Tujuannya, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Pemprov Kalbar membuka peluang seluas-luasnya kepada investor dalam dan luar negeri untuk menanamkan modalnya serta menjamin keamanan tetap kondusif,” katanya.
Ketika menerima investor dari Shantung kemarin, Christiandy menyampaikan beberapa peluang investasi di Kalbar. Di antaranya di bidang pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, pertambangan dan pariwisata.
Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kalbar Iskandar Zulkarnain menyampaikan potensi aneka tambang di Kalbar sangat besar terutama batu bara. “Batu bara yang tersedia dan terbanyak di Sintang dan Kapuas Hulu,” ungkapnya.
Menurut Zulkarnaen, cadangan batu bara di Kalbar sekitar 186,6 juta ton dengan ketebalan 0,25hingga 2,5 meter. “Kalori yang dimilikinya berkisar antara 4.535 hingga 8.500 kalori,” jelasnya.
Dijelaskannya, lokasi batu bara di Senaning sekitar 70 kilometer dari pusat Kota Sintang dan di Kecamatan Bunut dan Silat Hulu sekitar 150 kilometer dari pusat Kota Putussibau. “Hanya kendalanya untuk pengembangan pertambangan tersebut, sarana pendukung berupa jalan darat masih terbatas. Transportasi air pun sangat terbatas, karena pada musim tertentu sungai akan kering,” ungkap Zulkarnaen.
Menurut Iskandar, saat ini Pemprov Kalbar sangat memerlukan Investor yang ingin menanamkan modalnya untuk penyediaan pembangkit listrik. “Karena dirasakan listrik juga sangat terbatas,” katanya. (dik)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: