Perkebunan Sawit Dongkrak Pendapatan Masyarakat

Jumat, 14 Mei 2010

Perkebunan Sawit Dongkrak Pendapatan Masyarakat

Bupati Kapuas Hulu, Abang Tambul Husin dan Susanto Yang (PT Sinar Mas Group)
Bupati Kapuas Hulu, Drs H Abang Tambul Husin dan Susanto Yang dari PT Sinar Mas Group pada saat melakukan dialog di Bank BPD Cabang Semitau

SEMITAU –Pimpinan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kalimantan Barat, Cabang Semitau, Kabupaten Kapuas Hulu Yayat Hada Sholihin, mengatakan dampak dari perluasan perkebunan sawit di Kabupaten Kapuas Hulu telah mendongkrak pendapatan masyarakat Kecamatan Semitau.

“Sejak satu tahun terakhir perputaran uang di BPD Kalbar Cabang Semitau naik sekitar 30 persen atau menjadi sebesar Rp10 miliar per bulannya dari sebelumnya Rp7 miliar,” kata Yayat Hada Sholihin di Semitau, belum lama ini.

Ia menjelaskan, meningkatnya perputaran uang sekitar 30 persen itu dari sektor perkebunan sawit. “Karena kami ada kerja sama dengan PT Sinarmas Group dalam hal pembayaran gaji karyawan yang jumlahnya mencapai Rp3 miliar per bulan,” kata Yayat.

Perputaran uang Rp10 miliar per bulan di BPD Kalbar Cabang Semitau terdiri dari sektor perkebunan karet sebesar 25 persen, penangkaran ikan arwana 25 persen, sektor perkebunan sawit 30 persen dan lain-lain, seperti tabungan, giro dan deposito 20 persen, katanya.

Pimpinan PT Sinarmas Group VIII Wilayah Kalbar Susanto Yang, membenarkan pihaknya telah bekerja sama dalam hal pembayaran gaji karyawan perusahaannya. “Kami tinggal transfer uang ke BPD Kalbar per bulannya sesuai gaji yang harus dibayar untuk karyawan Rp3 miliar per bulan,” kata Susanto.

Ia menjelaskan, sebenarnya perputaran uang yang pihaknya keluarkan untuk pembayaran gaji saja mencapai Rp7 miliar per bulannya. “Sebesar Rp3 miliar untuk karyawan tetap dan kontrak. Sementara untuk tenaga harian lepas mencapai Rp4 miliar per bulan,” ujarnya.

Ia optimistis, ke depannya perputaran uang akan semakin besar lagi sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Semitau dan Kabupaten Kapuas Hulu pada umumnya. PT Sinarmas Group akan mengembangkan perkebunan sawit di Kabupaten Kapuas Hulu seluas 160 ribu hektare dengan 10 anak perusahaannya dengan total investasi sebesar Rp4,5 triliun dan diperkirakan mampu menyerap tenaga kerja langsung sekitar 100 ribu orang. Susanto menambahkan, pihaknya saat ini sedang merintis penjualan CPO (Crude Palm Oil) melalui Pelabuhan Malaysia, selain murah dari segi ongkos juga bisa menambahkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kabupaten Kapuas Hulu dari sektor pajak.

Bupati Kapuas Hulu Abang Tambul Husin, mengatakan tujuh tahun ke depan Kapuas Hulu akan menjadi kabupaten primadona di antara kabupaten/kota lainnya di Provinsi Kalbar. Karena sektor perkebunan sudah mulai panen sehingga pendapatan per kapita masyarakat akan meningkat.

Ia mengatakan, hingga akhir 2009 dirinya telah menandatangani sekitar 300 ribu hektare untuk pengembangan perkebunan sawit di kabupaten itu. “Salah satunya PT. Sinarmas Group yang akan mengembangkan sawit seluas 160 ribu hektare hingga 2014 mendatang,” ujarnya.

Tambul menyatakan, dipilihnya pengembangan perkebunan sawit karena Kapuas Hulu memiliki lahan yang luas, sementara sektor perkayuan, karet dan lainnya kurang diminati investor. “Saya tidak mempermasalahkan masyarakat berkeinginan untuk menanam karet, tetapi untuk pengembangan lebih luas lagi hingga kini belum ada investor yang berminat, tetapi untuk sawit banyak,” katanya. (lil)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: