Perbatasan Pontensial Menarik Investor

Senin, 25 Agustus 2008

Perbatasan Pontensial Menarik Investor

Badau, Sebagai wilayah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia, Kecamatan Badau berpotensi besar untuk menarik investor guna menanamkan investasinya di Kabupaten Kapuas Hulu.
Hal itu dikarenakan kecamatan di wilayah kecamatan memiliki akses ke luar negeri yang lebih mudah. “Hanya saja bagaimana pemerintah menggarap potensi yang telah ada.  Karena secara geografis saja sudah memiliki potensi yang menjanjikan,” ungkap Wakil Bupati Kapuas Hulu, Drs Y Alexander, MSi ketika menyerahkan 1.200 bendera merah putih di wilayah perbatasan, baru-baru ini.
Menurut Alexander, Kecamatan  Badau misalnya,  merupakan kekayaan Kapuas Hulu yang belum terangkat secara maksimal. Kendala pembangunan investasi di kawasan perbatasan,  disebabkan ada anggapan bahwa Kapuas Hulu tidak aman untuk investasi.
Selain itu juga, karena besarnya biaya yang harus dikeluarkan  untuk berinvestasi. Mengingat orientasi pasar para investor adalah ke Kota Pontianak sebagai ibukota provinsi.
“Padahal, jika investasi dilakukan di Badau yang berdekatan dengan negara tetangga, secara otomatis pasar yang dituju adalah Malaysia dan sekitarnya. Dengan demikian, devisa yang didapat pun juga akan lebih baik akibat selisih kurs mata uang. Sementara di satu sisi, biaya yang dikeluarkan menggunakan kurs lokal, baik itu untuk tenaga kerja, operasional dan lainnya. Maka keuntungan yang diperoleh pun akan meningkat,” ungkapnya.
Dikatakannya, sejauh ini yang menjadi kendala enggannya investor melirik Badau karena akses jalan yang hingga sekarang belum seluruhnya membaik. Langkah dan upaya yang dilakukan pemerintah kabupaten adalah mendesak Pemerintah Pusat, melalui pemerintah provinsi segera membenahi jalan yang ada.
Mengingat jalan Lintas Utara maupun Lintas Selatan merupakan jalan negara. Akan tetapi, pihaknya juga telah melakukan berbagai perbaikan sarana prasarana pendukung.
Namun untuk mencapai Kota Putussibau yang berjarak kurang lebih 135 kilometer dari Badau bisa lancar.
Ditambahkannya pula, jika kondisi jalan sudah baik, dan lintas batas antarnegara sudah terbuka, maka dirinya yakin para investor akan melirik Kapuas Hulu. Karena SDA Kapuas Hulu sangat melimpah, terutama kekayaan hutan.
Namun dalam masalah ini, Pemkab Kapuas Hulu telah berusaha keras dengan memprioritaskan daerah Lintas Batas. Bahkan pengadaan berbagai prasarana juga telah dilakukan, misalnya perbaikan jalan dan sebagainya.
Diharapkan dengan pembangunan daerah perbatasan, maka bermaksud untuk merubah image yang berkiblat ke Pontianak sebagai satu-satunya orientasi pasar.
Jika kawasan lintas batas telah diciptakan kondisi sedemikian rupa, maka orientasi pasarnya bisa ke Malaysia Timur yang berbatasan langsung dengan Kapuas Hulu. Untuk itu, Pemkab Kapuas Hulu telah merencanakan membuka pasar alternatif. Sehingga bisa menarik investor dan Kapuas Hulu akan menjadi salah satu darah yang akan diminati oleh para penanam saham.
Terpisah, Anggota DPRD Kapuas Hulu dari  Fraksi Golkar, Agus Mulyana, SH. mengatakan bahwa Badau sebagai gerbang perbatasan merupakan mutiara terpendam yang selama ini belum tergarap maksimal.
Dikatakan Agus, investasi bias masuk karena adanya berbagai kemudahan. Selain infrastruktur, sarana dan prasarana, berbagai kebijakan juga mesti diciptakan sedemikian rupa. Karena jika birokasi saja sudah berbelit-belit, maka anggapan investor ke depannya juga akan semakin semrawut.
Untuk itulah diperlukan berbagai kebijakan yang memberikan kemudahan bagi investor yang ingin berinvestasi di Kapuas Hulu. Khususnya di kawasan Badau dan perbatasan. (wieK)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: