Mengintip Pesona Taman Nasional Danau Sentarum (Bagian 3)

Kamis, 5 Agustus 2010

Mengintip Pesona Taman Nasional Danau Sentarum (Bagian 3)

Gelar Festival Danau Sentarum

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu (KKH), Frans Leonardus mengatakan, untuk menarik wisatawan domestik maupun luar negeri dalam kunjungan Visit Kalbar Year 2010, khususnya ke Kabupaten Kapuas Hulu, pihaknya akan mewacanakan Festival Danau Sentarum (FDS). Sebab, Danau Sentarum tersebut merupakan simbol objek wisata dan diakui di dunia sebagai keindahan alam yang eksotis.

“Di Sumatera Utara memiliki Danau Toba. Maka kita akan kenalkan bahwa di Kabupaten Kapuas Hulu, memiliki Danau Sentarum. Potensi alam yang dimiliki pun tidak kalah dengan provinsi lain,” kata Frans.

Frans berharap, kegiatan FDS dapat didukung oleh stakeholder. Dan, event pertama ini, Frans mengaku pihaknya akan menggelar festival itu setingkat kabupaten.

Dalam arti, festival ini akan melibatkan seluruh kecamatan se-Kapuas Hulu. “Maka dari itu, kita mengharapkan dukungan dari pemerintah provinsi dalam membantu akses,” katanya. Seperti pembukaan PLB Badau dibuka. Sebab, jika terbuka PLB Badau, maka Danau Sentarum akan menjadi target para wisman dari mancanegara. Keindahan Danau Sentarum, tidak perlu diragukan. Hal ini terbukti dengan kepuasan wisman dari mancanegara bertandang ke Danau Sentarum.

“Tanpa kita sadari, potensi objek wisata Danau Sentarum cukup menarik bagi para wisatawan,” katanya. Bahkan, potensi ini akan menarik wisatawan asing untuk berkunjung. Hal ini perlu disiapkan sebagai tuan rumah yang ramah.

Untuk menyukseskan FDS ini, pihaknya telah berupaya melakukan kerja sama dengan sejumlah stakeholder. Seperti WWF, TNDS, TNBK, Heart of Borneo (HoB). Dan mereka telah mendukung dalam mensosialisasikan wisata sekaligus festival Danau Sentarum tersebut.

“Dari akses-akses mereka itu kita harapkan para wisatawan asing dapat masuk ke Kabupaten Kapuas Hulu,” katanya. Yang utama, ia optimis pelaksanaan FDS ini bisa menarik wisatawan.

Hal ini dimaksudkan agar kita dapat menyerap output dari kegiatan itu. Diharapkan, festival ini dapat dijadikan kalender wisata tahunan. Baik itu pemerintah daerah maupun provinsi.

Adapun agenda yang dirancang dalam Festival Danau Sentarum ini di antaranya pawai budaya perahu hias, lanting hias, dan lomba sampan tradisional. Keseluruhan perlombaan itu nantinya akan dilaksanakan di air danau.

Sementara di daratnya, kata Adus, sapaannya, kesenian, parade lagu dan tarian daerah dan kendaraan hias. Direncanakan pembukaan festival itu nantinya berada di atas air danau dengan melepas perahu-perahu hias dari setiap kecamatan. (ulil@equator-news.com dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kapuas Hulu)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: