Kualitas Sungai Kapuas Berubah

Jum’at, 07 Januari 2011 , 08:03:00

 

AKTIVITAS SUNGAI : Sebagian mayarakat di Pontianak masih menggantungkan aktivitas melintasi Sungai Kapuas. Menjelang pergantian tahun kemarin, mereka tampak menggunakan Kapal Kelotok untuk pergi ke Alun-alun Kapuas. MUJADI/PONTIANAK POST
PONTIANAK—Iklim eksrim yang terjadi belakangan ini mengubah kualitas air sungai Kapuas.  Padahal sungai Kapuas multi fungsi seperti air minum, MCK, irigasi, perkebunan maupun untuk transportasi. Bukan hanya iklim yang dapat merubah sungai, namun juga PETI, racun Ikan, transmigrasi dan pembukaan lahan perkebunan.  Demikian dikatakan oleh Gusti Zulkifli Mulki dosen Fakultas Teknik Untan beberapa saat lalu.

Berdasarkan penelitian Lasmi Yulistiana, mahasiswa pasca sarjana Institut Pertanian Bogor saat riset di Kota Pontianak mendapatkan bahwa air Kapuas di Kota Pontianak sudah mengalami pencemaran.“Kualitas air sungai Kapuas di lima stasiun pengamatan menunjukan konsentrasi polutan yang tinggi, seperti parameter fisika, kimia dan biologi. Untuk Fisika menunjukan konsentrasi rata-rata TDS sebesar muara Jungkat r 1.223mg/I dan TSS sebesar 250mg/L,” terang Gusti.Sementara untuk parameter Kimia menunjukan konsentrasi tinggi dan telah melewati baku mutu air kelas I,II,III dan IV yaitu PP no 82 tahun 2001. teramati adanya indicator dimana sungai Kapuas telah tercemar oleh hg. Pengaruh logam hg sangat berbahaya bagi mahluk hidup. Sehingga perlu pengkajian secara khusus dan mendalam berkaitan dengan sumber pencemar hg dan usaha pencegahannya.

“Status sungai kapuas dapat dikatakan sudah tidak memenuhi sayarat untuk digunakan bagi keperluan air baku air minum. Kualitas air sungai kapuas hanya memenuhi syarat untuk digunakan bagi keperluan irigasi dan keperluan lain yang persyaratannya serupa,” terangnya. Pencemaran air sangat berdampak pada kesehatan dan biota air yang ada di dalammnya. Adapun sumber dari pencemaran sungai disebabkan oleh semakin meluasnya perkebunan sawit. PETI. Deforestasi, perubahan tutupan tanah serta iklim eksrim seperti hujan eksrim lebat dan kemarau berkepanjangan. (tin)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: