Wabup minta kasus warga Sejirak diselesaikan di luar pengadilan

Sumber : http://borneotribune.com/headline/wabup-minta-kasus-warga-sejirak-diselesaikan-di-luar-pengadilan.html

Wabup Minta Kasus Warga Sejirak Diselesaikan di Luar Pengadilan

Rabu, 9 Februari 2011 08:36 Endang Kusmiyati

Menciptakan dan menjaga iklim investasi kondusif, khususnya dalam hal hubungan antara investor dengan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Sintang berharap semua persoalan yang terjadi akhir-akhir ini bisa diselesaikan dengan baik oleh pihak investor dan masyarakat melalui musyawarah dan mufakat.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Tim Penyelesaian  Proyek Perkebunan (TP3K) Kabupaten Sintang yang juga Wakil Bupati Sintang, Ignasius Juan kepada sejumlah wartawan, Selasa (8/2).

“Berkaitan dengan kasus yang terjadi antara 13 warga Sejirak dengan PT. Finantara Intiga, saya minta bisa diselesaikan di luar pengadilan. Ini semua untuk menciptakan dan menjaga iklim investasi yang ada di Kabupaten Sintang. Kalau pun ada kesalahan yang terjadi di lapangan, hendaknya diselesaikan dengan cara kekeluargaan dan musyawarah mufakat,” ungkap Wabup di hadapan sejumlah awak media.

Menurutnya permintaannya tersebut terkait telah adanya kesepakatan antara 13 warga Desa Sejirak Kecamatan Ketungau Hilir dengan pihak PT. Finantara Intiga, kemudian surat pencabutan laporan polisi oleh pimpinan PT. Finantara Intiga, serta menindaklanjuti hasil rapat antara Komisi II DPRD Sintang, TP3K, Satreskrim Polres Sintang, Pimpinan PT. Finantara Intiga yang membahas persoalan tersebut.

“Para pihak yang terkait telah bertemu dan inilah hasilnya. Bahwa masalah yang terjadi antara masyarakat Sejirak, khususnya 13 warganya yang kini dikenakan wajib lapor dengan PT. Finantara akan diselesaikan di luar pengadilan,” terangnya.

Dijelaskan Juan, selain beberapa dasar yang melahirkan kesepakatan keputusan bahwa masalah Sejirak akan diselesaikan di luar pengadilan, pihaknya juga melihat aspek kemanusiaan dan masa depan investasi yang ada di Kabupaten Sintang.

“Penyelesaian kasus tersebut di luar pengadilan karena memang kedua pihak sudah sepakat berdamai. Lain halnya kalau kedua pihak masih saling tidak mau mengalah,” tegasnya.

Juan menegaskan bahwa posisi TP3K dalam kasus ini sangatlah jelas yaitu netral. Ia menegaskan pula bahwa TP3K tidak berpihak kepada salah satu bagian. TP3K menurutnya bekerja keras agar persoalan investasi bisa diselesaikan dengan musyawarah mufakat.

“Kami berharap agar masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi perusahaan dan investor yang masuk di daerah ini bisa sama-sama maju dan berkembang,” pungkasnya. ***

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: