Sungai Tercemar, Warga Baung Sengatap Sulit Dapatkan Air Bersih

Sungai Tercemar, Warga Baung Sengatap Sulit Dapatkan Air Bersih

Borneo Tribune, Sabtu, 12 Februari 2011

 

Akibat air sungai yang melintasi Desa Baung Sengatap telah tercemar oleh aktivitas perusahaan dan PETI yang beroperasi tak jauh dari desa tersebut, kini warga desa tersebut kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Hal ini diungkapkan oleh Sidin, tokoh masyarakat Desa Baung Sengatap saat berada di Sintang belum lama ini.

“Sejak tahun 1998, air sungai yang ada di desa kami tak lagi bisa digunakan baik untuk konsumsi atau untuk keperluan lainnya. Kondisi air sudah tak sehat karena tercemar,” ungkapnya.

Meski begitu menurutnya, Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang tahun lalu telah memasukkan program sumur CWSH untuk membantu pemenuhan kebutuhan air bersih. Namun keberadaan sumur CWSH tersebut menurutnya ternyata tidak bisa membantu pemenuhan kebutuhan air bersih bago warga desanya.

“Kalau musim kemarau tiba, sumur pasti mengalami kekeringan. Makanya, ketika kemarau tiba warga kebingungan untuk mendapatkan air bersih. Apalagi hampir semua sumur warga juga mengalami kekeringan,” kisahnya.

Selama ini menurutnya guna kebutuhan mandi dan mencuci, warga memanfaatkan kolam-kolam dan sumur yang ada yang terisi air saat hujan tiba.

“Kami tidak berani mandi ke sungai, karena sudah terkontaminasi oleh bahan kimia. Karena tak ada pilihan lain, maka kami terpaksa mandi di kolam-kolam yang ada.  Terkadang terpaksa juga minta air sama tetangga yang punya sumur dan jumlah airnya masih banyak. Itupun kami harus sangat hemat untuk menggunakannya,” paparnya.

Dengan adanya kondisi tersebut, pria separuh baya ini mengaku selalu mengusahakan jalan keluar untuk memenuhi ketersediaan air bersih di desanya. Salah satunya dengan meminta bantuan pada perusahaan yang berinvestasi di desanya. Namun menurutnya  permintaan pembangunan sumur bor yang diharapkan warga sampai sekarang belum juga dikabulkan.

“Makanya pada tahun ini, melalui Musrenbang desa, kami mengharapkan pemerintah bisa membangun sumur bor di desa kami. Agar ketika musim kemarau, kami tetap mendapatkan pasokan air bersih yang layak konsumsi,” harapnya.

***

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: