Ada upaya pemutihaan lahan

Harian equator, 7 Februari 2011

Cornelis: Ada Upaya Pemutihan Lahan

Sumber : http://www.equator-news.com/utama/cornelis-ada-upaya-pemutihan-lahan

Pontianak. Meski menanggapi dingin dugaan korupsi dalam alih fungsi pemanfaatan kawasan hutan di Kalbar, Gubernur Drs Cornelis MH tidak menampik adanya masalah itu.

“Memang banyak yang bermasalah. Saya sudah lapor ke menteri (Kemenhut) setahun yang lalu,” ujar Cornelis kepada Equator, kemarin.

Menurut Cornelis, banyak para bupati/wali kota yang terlalu berani mengambil tindakan dalam pemberian izin usaha perkebunan. Para bupati/wali kota tersebut memberikan izin tanpa memedulikan mana hutan yang boleh untuk lahan perkebunan, mana yang tidak boleh.

“Tidak boleh semuanya dihabisi (untuk lahan perkebunan). Bahaya kalau semuanya dihabisi,” ucap Cornelis.

Cornelis mengakui ada upaya sejumlah daerah untuk memutihkan lahan hutan alam atau hutan lindung yang sudah telanjur berubah fungsi jadi perkebunan menjadi lahan berstatus hutan produksi. Salah satu strategi yang digunakan adalah mengusulkan perubahan status hutan tersebut dalam tata ruang.

“Mau nambah lagi. Tapi saya keberatan. Kalau hutan produksi, tetap hutan produksi. Tidak boleh diubah,” katanya.

Ia menambahkan, dirinya tidak memiliki kewenangan untuk mengubah status kawasan hutan tersebut. Karena itu, ia menyarankan agar pihak-pihak yang ingin mengubah atau memanfaatkan kawasan hutan alam maupun hutan lainnya untuk lahan perkebunan untuk langsung menghubungi pemerintah pusat.

“Mau pinjam lahan itu, minta izin dengan menteri (Menhut). Kalau perusahaan mau pakai, silakan perusahaan itu sendiri yang minta izin dengan menteri,” tandas Cornelis.

Tiga Faktor

Anggota DPRD Kalbar dari Partai Golkar, Andry Hudaya Wijaya yang dijumpai Equator usai menghadiri undangan Muswil PAN kemarin menyambut baik apa yang disampaikan Hatta. Menurutnya, ada tiga faktor yang menyebabkan alih fungsi hutan di Kalbar bermasalah.

Faktor pertama adalah belum rampungnya harmonisasi pemetaan kawasan hutan. “Penyusunan tata ruang di Kalbar sampai sekarang belum selesai. Ini yang membuat pemanfaatan hutan itu bermasalah. Makanya tadi Hatta meminta agar tata ruang ini segera diselesaikan demi kemakmuran masyarakat dan menjaga kelestarian hutan,” ujar Andry.

Faktor kedua adalah tidak adanya penyatuan proses perizinan untuk kegiatan usaha yang bersinggungan dengan kehutanan antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten. Pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten cenderung berjalan sendiri-sendiri.

“Kita mendorong agar hal ini bisa dibicarakan secara lintas sektoral. Tujuannya, bagaimana proses perizinan tersebut bisa sinergi antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten,” ujarnya.

Faktor terakhir adalah lemahnya penegakan hukum terhadap para pelanggaran undang-undang kehutanan. Penerapan Pasal 50 Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan yang memuat soal sanksi terhadap pelaku kehutanan masih belum sepenuhnya ditaati oleh aparat hukum. “Ini yang membuat kejadian serupa selalu terulang,” katanya.

Terkait adanya masalah dalam alih fungsi kawasan hutan di Kalbar, Andry berharap penanganan harus segera dilakukan. “Karena dari sektor pajak, negara akan dirugikan,” tegas Andry.

Soal kejahatan kehutanan di Kalbar, ia menengarai banyak modus yang dilakukan perusahaan-perusahaan hitam. Ada perusahaan yang menggarap lahan dan menebang kayu yang ada di dalam lahannya. Kayu-kayu tersebut kemudian dijual bekerja sama dengan oknum pejabat dan oknum aparat keamanan.

“Sisa-sisa kayu tersebut mereka biarkan agar diambil masyarakat. Setelah masyarakat mengambilnya, kemudian ditangkap dan dijadikan kambing hitam kejahatan illegal logging. Padahal yang melakukan kegiatan illegal logging adalah perusahaan itu sendiri,” tukas Andry.

***

 

4 Tanggapan

  1. Selamat malam, iseng-iseng ngunjungin blog-blog dengan tema seperti ini dan sekalian nyari teman. Saya sudah lihat-lihat isi blog ini sangat bagus. Kalau ada waktu kunjungi blog saya juga ya.hehehehehe😀

  2. Salam kenal, ini merupakan kunjungan saya yang pertma. Blog anda bagus, kunjungi blog saya juga ya,,hehehe

  3. ada yang mau tukeran link saya blog saya? kalau mau silahkan kunjungi http://idisuwardi.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: